Wednesday, 3 November 2021

Tertarik Investasi Di Kripto? Ini Dia 5 Hal Penting Pemula Wajib Ketahui

Pengguna aset kripto semakin hari jumlahnya semakin bertambah. Salah satu daya tarik dari instrumen investasi ini adalah tingginya high return yang bisa didapatkan oleh investor.


Jika kamu tertarik untuk investasi ke dalam aset kripto, ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mata uang kripto. Apa saja poin tersebut? Simak jawabannya dalam artikel ini ya

Sumber foto: pixbay


Memahami Aset Kripto

Mungkin kalangan anak muda terutama milenial dan gen Z sudah tidak asing lagi dengan mata uang kripto. Cryptocurrency sendiri memiliki pengertian sebuah mata uang digital yang bisa digunakan untuk membeli barang dan jasa secara online.


Menurut coinmarket.com, saat ini terdapat 13,000 mata uang kripto yang bisa diperjualbelikan dengan bebas, beberapa koin digital ini adalah Ethereum, Bitcoin, Dogecoin, Cardano, Litecoin dan masih banyak lagi.


Tiap koin tersebut memiliki harga yang berbeda-beda, misalnya 1 btc pada 27 Oktober 2021 seharga Rp859,838,375 atau $60,747. Sementara harga dogecoin yakni Rp3,662.30 atau $0.2587 satu kepingnya.

Cara Kerja Uang Kripto

Kripto bekerja menggunakan teknologi blockchain, secara sederhananya blockchain merupakan buku besar transaksi digital. Buku besar atau bisa juga disebut dengan database ini di distribusikan ke seluruh sistem komputer.


Perlu diperhatikan bahwa komputer-komputer tersebut tidak bisa mengontrol database, melainkan jaringan komputer yang terdesentralisasi lah yang membuat blockchain tetap berjalan dan mengotentikasi transaksi yang sedang terjadi.


Para pendukung blockchain berpendapat bahwa teknologi tersebut dapat meningkatkan transparansi, kepercayaan, dan keamanan data yang dibagikan ke seluruh jaringan komputer.


Tips Investasi Kripto

Setelah mengetahui apa itu kripto dan bagaimana cara kerjanya, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah hal-hal penting yang pemula wajib ketahui sebelum melakukan transaksi kripto.


  1. Pilih Tempat Exchange Yang Legal 


Kamu harus memutuskan terlebih dahulu aplikasi atau laman apa yang akan kamu gunakan untuk melakukan jual beli kripto. Pilihlah media jual beli yang sudah terdaftar  di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk menjamin keamanan investasi kamu.


Di Indonesia sendiri ada beberapa aplikasi yang sudah resmi dan  bisa kamu gunakan salah satunya adalah aplikasi Pintu. 


  1. Evaluasi Variabel Aset Kripto


Selanjutnya tentukan aset kripto apa yang ingin kamu beli, ada baiknya kamu kenali terlebih dahulu jenis-jenis uang kripto dan bagaimana cara kerja koin tersebut.


Evaluasi ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi website resmi mereka, misalnya Bitcoin.org untuk kripto Bitcoin dan Ethereum.org untuk uang digital Ethereum.


  1. Perhatikan Besaran Biaya Layanannya


Saat kamu melakukan transaksi kripto, perlu dipahami bahwa setiap trader memiliki skema biaya pembelian dan juga penarikan layanan. Perhatikan besaran biaya tersebut dan perhatikan spreadnya juga.


Spread adalah perbedaan harga order beli yang paling tinggi dengan harga jual koin yang paling rendah.


  1. Beli Kripto Sesuai Kemampuan Kamu


Aset kripto memiliki nilai yang sangat fluktuatif, sebab  mata uang kripto  bisa tiba-tiba mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi, namun tidak lama kemudian harganya pun juga bisa turun dengan cepat. 


Karena hal tersebut, disarankan bagi pemula untuk berinvestasi ke dalam aset kripto dengan dana yang tidak terlalu besar gunakan dana yang ketika kamu kehilangan uang tersebut kamu masih bisa mentolerirnya.


  1. Lakukan Riset Secara Menyeluruh


Riset merupakan hal terpenting yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya yakin untuk membeli kripto. Pahami proposisi nilai dan resikonya.


Kamu  bisa mencoba belajar dan melakukan riset dari komunitas-komunitas kripto online, mendengarkan podcast, menonton youtube, ataupun belajar melalui aplikasi-aplikasi media jual beli aset kripto.


Demikianlah pengertian dan cara kerja koin kripto serta poin-poin penting yang perlu pemula perhatikan sebelum memutuskan untuk bertransaksi. Untuk memahami lebih lanjut terkait aset kripto, langsung saja kunjungi website Pintu. 


Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang melalui App Store atau Play Store kamu!


9 comments:

  1. Kripto sekarang harganya udah fantastis banget yaa, investasi yang bagus untuk menggandakan modal...

    ReplyDelete
  2. duh saya masih belum paham dengan Kripto apalagi sekarang ada beberapa fatwa MUI..jadi masih ragu dengan investasi Kripto

    ReplyDelete
  3. Gile bener, baru tahu 1 BTC bisa mencapai ratusan juta, Kak. Aku belum terlalu paham dan minat sih soal mata uang kripto ini, tapi anak2 sekarang emang sering bahas. Aku tahunya dari Mardigu tapi selebihnya masih blank.

    ReplyDelete
  4. Entah kenapa sampai detik ini saya kok masih belum paham juga dengan investasi di kripto. Cuma tahunya kalau mau main di sana, modalnya harus gede banget.

    ReplyDelete
  5. Saya awam banget nih soal kripto ini. Dan saya lebih tertarik berinvestasi yang lebih familiar kayak emas atau reksadana hehe

    ReplyDelete
  6. ada teman yang merekomendasikan Pintu sewaktu tahu saya sedang mempelajari investasi kripto


    investasi yang menjanjikan nih kripto

    ReplyDelete
  7. Fantastis juga ya keuntungannya, tapi saya masih deg-degan soal krypto ini karena sempat ramai diperbincangkan.

    ReplyDelete
  8. Kripto kini sedang happening yaa..
    Investasi yang unik dan keuntungan terbaik bisa diperoleh ketika menginvestasikan uang menggunakan krito.

    ReplyDelete
  9. Kripto ini memang memggiurkan namun resikonya pun juga tinggi, saya kemarin-kemarin sempat rajin nambang kripto dengan menggunakan kripto browser. Jadi kita bisa dapat bitcoin lewat aktivitas berselancar di dunia maya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal