Saturday, 11 December 2021

Ayam Dadu Kalasan Spesial Kobe

  

Musim hujan datang lagi, sebagai penggemar gorengan garis keras, selalu ada saja tersedia gorengan  di atas meja yang menghangatkan suasana di kala dingin melada. Soal gorengan ini juga keluargaku suka banyak permintaan, pengen ini, pengen itu, minyak juga nggak bisa yang udah lama pasti deh langsung sakit tenggorokan.

Makanya aku suka banget nyetok tepung bumbu di rumah, praktis untuk menyajikan hidangan apapun yang diinginkan keluarga, jadi nggak harus sering jajan gorengan di luar, nggak khawatir sakit tenggorokan karena kita tau kualitas bahan yang kita buat.

Sekarang ini keluargaku lagi suka banget makan ayam kalasan dadu, kalau udah masak ini, pasti makannya jadi banyak apalagi ditambah bumbu pelengkap sambal terasi kobe, bisa nambah berkali-kali. Langsung terbayang kelezatannya auto nelen ludah neh.

Apa itu ayam Kalasan?

Ayam Kalasan adalah salah satu makanan khas Indonesia tepatnya daerah Kalasan Yogyakarta, dimana dengan racikan  bumbu yang sederhana, dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda  dari ayam goreng sejenis.

Sekali mencoba ayam kalasan, pasti membuat ketagihan, rasa manis dan gurih serta tekstur dagingnya yang empuk, membuatnya mudah untuk dikunyah.

Penasaran, tenang sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta atau beli ke restoran hanya untuk merasakan nikmatnya ayam kalasan. Dengan Kobe Bumbu Kalasan semua bisa jadi chef.  Cobain deh  kreasi ayam pakai kobe, caranya juga sangat muda dan nggak perlu menambahkan racikan bumbu lain ataupun garam karena dengan Kobe Bumbu Kalasan membuat rasa masakan manis, gurih dan berempah.

Masak dengan Kobe Bumbu Kalasan, hidangan tradisional nusantara akan segera siap dalam sekejap. Kreasi Ayam Kobe  citarasa yang asli  apalagi jika marinasi ayam Kobe Bumbu Kalasan.       

Kobe Kalasan 

Kreasi ayam pakai Kobe, pasti enak, baiklah sekarang, kita akan membuat ayam dadu Kobe, cara membuat Ayam dadu Kalasan  special ini mudah sekali,  langsung saja menu  ayam kalasan Kobe yaitu  pertama-tama sediakan semua bahan yang diperlukan antara lain.

 400 gr ayam fillet

1 bungkus Kobe Bumbu Kalasan (@35gr)

Minyak goreng secukupnya

1 buah jeruk nipis

Cara membuat:

Potong ayam kotak-kotak. Cuci dan beri perasan jeruk nipis dan lumuri dengan Kobe Bumbu Kalasan. Diamkan selama 15 menit.

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga matang

Ayam Dadu Kalasan Spesial siap disajikan.

Ayam Dadu Kalasan
Ayam Dadu Kalasan 

Ayam Dadu Kalasan Spesial yang praktis karena hanya menggunakan 2 bahan saja dan menjadi solusi menu praktis untuk Ibu muda yang sibuk namun ingin menyajikan masakan lezat untuk keluarga.

Kobe Bumbu Kalasan merupakan bumbu komplit untuk marinasi atau ungkep ayam goreng kalasan dengan hasil cita rasa manis, gurih dan berempah

Mengandung asam jawa dan berbagai rempah alami pilihan dengan racikan yang pas menjadikan Kobe Bumbu Kalasan bumbu yang wajib distock di rumah untuk solusi memasak aneka hidangan secara praktis.

Cukup marinasi ayam semalaman, lalu tinggal diolah keesokan harinya menjadi hidangan yang lezat. Semua orang bisa masak enak setiap hari kalo ada Kobe di rumah.

Tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan jadi aman untuk kesehatan, bisa untuk membuat aneka masakan seperti tempe, tahu, telur dan lainnya. Bumbu komplit yang praktis dengan cita rasa manis, gurih dan berempah. Bumbu lezat dan mudah menyerap. Hemat, bisa untuk satu ekor ayam ukuran sedang langsung berbunga-bunga kalau bisa menghemat uang belanja seperti ini, love banget deh sama Kobe. 

Tips and Trik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bumbu yang meresap pada potongan ayam yang biasa. Proses marinasi bisa dilakukan semalaman, kemudian digoreng/ dioven keesokan paginya.

Untuk memberikan rasa lebih gurih air biasa bisa diganti dengan air kelapa.

Praktekin deh tips and trik yang aku beri hasilnya,  dengan  Kobe Bumbu Kalasan Bikin Ayam Glow Up.  

Apa itu Kobe?

Pertama aku mengira Kobe itu adalah perusahaan asal Jepang karena dilihat dari namanya, cara menuliskan namanya di label. Ternyata aku nggak sendiri banyak yang mengira yang sama.

Kobe sendiri merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!

Kobe ahlinya tepung bumbu
Kobe ahlinya tepung bumbu
Kobe memulai perjalanannya tahun 1979 sebagai industry rumahan di Semarang. Dengan produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Hingga kini aku juga aku melihat, tepung bumbu kobe banyak varian rasa, ini membuktikan bahwa kobe terus berinovasi menghasilkan produk-produk baru untuk memuaskan pelangannya. Beberapa varian tepung Kobe antara lain

Kobe Tepung Tempe Kriuk

Formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih & renyah

Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy

Formulasi untuk ayam kentucky super crispy tahan hingga 8 jam

Kobe Tepung Bumbu Putih

Formulasi untuk membuat gorengan renyah bertekstur Kristal

Kobe Tepung Serbaguna

Formulasi untuk membuat aneka gorengan renyah berempah

Kobe Tepung Bakwan Kress

Formulasi untuk membuat bakwan & perkedel lembut di dalam dan renyah di luar

Kobe Tepung Pisang Goreng

Formulasi untuk membuat pisang goreng dan aneka kue

Jadi kamu udah nyobain varian kobe yang mana ? Comment di kolom komentar yaa.

24 comments:

  1. Saya sudah mencoba semua varian tepung bumbunya. Bahkan lada Kobe, saus tiram Kobe, termasuk bon cabe Kobe saya masih ada stok di rumah. Kobe memang bikin makanan disukai anak.

    ReplyDelete
  2. Tepung kobe fav saya lho kak sejak SMA dulu, sukanya tepung kobe buat goreng tempe alhasil saya jadi suka tempe gara gara si kobe ini

    ReplyDelete
  3. Aku taunya dan sering bikin ayam kesukaan keluarga pakai tepung kobe yang goreng krispi itu loh. Kalau yang kalasan spesial ini belum pernah coba. Enak ya rasanya dan varian ini beda sehingga bisa menambah nafsu makan anak2 :)

    ReplyDelete
  4. saya suka banget ayam kalasan, asik ya kobe mengeluarkan kobe kalasan, jadi marinasinya cukup simpel, tinggal campur, taruh kulkas besoknya langsung oven, yummy

    ReplyDelete
  5. Wah wajib dicoba nih. Kalo tepungnya aku udah terbiasa menggunakan. Kalo bumbu yg lain. Tepungnya enak dan terasa natural gitu. Maksudnya bumbu penyedapnya nggak terasa berlebihan. Kalo yg kalasan ini pasti enak juga nih. Yuk ah cuss beli dulu dan langsung praktikkan.

    ReplyDelete
  6. wah samaan dengan saya mbak, saya juga kalau mau bikin goreng-gorengan terutama goreng ayam selalu aku marinasi dengan bumbu kobe mbak. alhamdulillah anak anak suka dan saya juga ga ribeut untuk ngebumbuinya.

    ReplyDelete
  7. Mama molly suka pake tepung kobe tapi yang varian pisang goreng. rasa pisangnya jadi lebih kriuk dan gurih. sedapp, deh

    ReplyDelete
  8. Ya ampuuun..;pencerahan banget ini tentang nama KOBE. Iya dong, saya pikir ini merk dari Jepang. Kalaupun diproduksi di Indo ya saya pikir lisensi (selama ini nggak pernah perhatikan tulisan di kemasannya secara detail). Oalaaa..ternyata Kata Orang Banyak Enak tooh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw sama kayak saya yg ketipu ngira ini produk jepang ternyata asli Indonesia. habis logonya jg gitu sih. btw enak deh ada bumbu kalasan gini praktis gak pake kelamaan di dapur, tapi bs masak enak

      Delete
  9. Aku tuh penggemar tepung bumbu Kobe. Apalagi pas buat tepung bumbu yang bikin daging ayam jadi kriuk kriuk. Baru tahu yang varian ini. Makasih mbaa

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget ayam kalasan, bumbu KObe ayam kalasan juga suka beli. KObe memang rasanay enak semua deh tepung2annya

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu Ayam Kalasan. Btw, sekarang juga sering pakai tepung instan, kadang bumbu juga apalagi yang luar Jawa gitu. Kapan-kapan coba Ayam Kalasan pakai Kobe deh. Itu tepung emang kriuk

    ReplyDelete
  12. Aku dulu tak pikir tepung Kobe ini dari Jepang. Ternyata asli Indonesia. Aku suka banget pake kobe. Paling sering pakai tepung bumbu Kentucky. Belum pernah yang tepung bumbu Kalasan. Jadi penasaran pengen coba.

    ReplyDelete
  13. Wah, ini menu yang praktis sekali ya, kita hanya butuh ayam dan Kobe Bumbu Kalasan saja. Masak yang gampang jadinya.

    ReplyDelete
  14. Boleh nih resep aku cobain. Sebab anak mah andalannya ya ayam kan. Ada menu lain pun tetap dicari ayam, hahaha. Kadang enaknya bosan. Moga kode bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  15. Tepung bumbu Kobe ini punya banyak pilihan jenis ya mbak
    Aku juga suka bikin ayam kalasan dengan tepung kobe ini

    ReplyDelete
  16. Kobe ini leyeh kerasa menurutku bumbunya lebih spicy gitu. Dan praktis ga perlu nambah penyedap lain lagi karena bumbunya lebih lengkap dan kaya rasa

    ReplyDelete
  17. JUARA pakai produk KOBE, mendadak jadi bisa masak semua masakah enak yaa..
    Aku juga pakai, biasanya kalau lagi mager, suami pun bisa bantu masakin kalau pakai KOBE.

    ReplyDelete
  18. Aku pernah cobain yang kobe tepung serbaguna, kriuknya mantul. Tinggal cobain bumbu ayam kalasan yang belum. Sepertinya lezat itu. Pasti ayam goreng jadi makin renyah

    ReplyDelete
  19. Nah, penggunaan air kelapa ini yang jadi rahasianya. Iya, sih, rasanya emang beda dibanding pakek air kelapa. Apalagi kalau marinasinya semalaman, maknyus banget bumbu meresap sampai dalam. Tepung Kobe juga jadi andalanku banget. Malahan sejam jaman aku masih kanak-kanak, Ibu udah pakai tepung merek ini.

    ReplyDelete
  20. tepung Kobe banyak pilihan nih..terus rasanya juga gurih enak cocok buat goreng tempe tahu..ayam..
    aku juga pakai

    ReplyDelete
  21. Saya suka ngikuti resep-resep dapur Kobe. Simpel tapi nikmat ya.. Suka praktik juga resepnya

    ReplyDelete
  22. Ya ampun, jadi Kobe ini asli Indonesia? Hahaha beneran baru tahu. Pantesan tepung2 instan buatannya khas masakan Indonesia ya

    ReplyDelete
  23. Saya kenal Kobe ini udah lama sekali. Masih ingat betul saya kalau jaman SD tuh ibu saya suka masak dengan Kobe. Hehe. Sekarang saya yg suka koreng ayam pakai tepung Kobe. Eh ternyata ada bumbu ayan kalasan juga. Jd pengen coba xeh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett C-Power Face Mist Bikin Wajah Selalu Fresh

         Salah satu skin care yang banyak manfaatnya namun, orang masih jarang menggunakannya adalah face mist. Menggunakan   face mist    s...