Wednesday 7 February 2024

Cerebral Palsy Mikrosefali

 Sebuah pesan dari sesama orangtua yang memiliki anak dengan mikrosefali muncul di whatssaapku.

 Setelah mengucap salam dia bertanya.

Mbak, mau tanya. Kenapa yaa kalau baca-baca mikrosefali banyak yang disertai CP juga?

Dan hari ini ketika mengantri ke dokter gigi, sambil menunggu nama kami dipanggil, salah satu pasien yang kami saling bertegur sapa dan bercerita. Tiba-tiba teman duduk di sebelahku menunjukkan foto anaknya, dia bilang anaknya cerebral palsy seolah-olah ini pertanda,  aku harus menuliskan tentang cerebral palsy dan hubungannya dengan mikrosefali.

Untuk menjawab itu tentu saja kita harus paham apa itu microsefali dan apa itu cerebral palsy  dan apa itu microsefali.

Tentu saja aku menuliskannya dengan sudut pandangku sebagai  mom dengan anak berkebutuhan  khusus,berdasarkan curhat orang tua  yang memiliki anak cerebral palsy, mikrosefali juga tulisan-tulisan yang  pernah kubaca.

 


Cerebral Palsy atau Lumpuh Otak

Suatu kelainan kongenital pada gerakan, otot, atau postur yang tidak berfungsi dengan baik  (ganguan motorik terhadap koordinasi  dan gerak tubuh) dikarenakan oleh perkembangan otak yang tidak normal, sering kali terjadi  sebelum lahir. Hampir 90% kasus cerebral palsy diidentifikasi sebagai penyakit bawaan lahir.

 

Cerebral palsy


Penyebab Cerebral Palsy

Penyebabnya juga banyak faktor, seperti anak kawanku. Anaknya lahir normal, kemudian beberapa minggu kemudian harus dirujuk ke rumah sakit. Berdasarkan hasil CT scan sepertinya ada trauma di kepala bisa disebabkan karena jatuhsehingga terjadi pendarahan di otaknya.

Shock dong temanku, karena selama pengawasan dia anaknya tidak pernah terjatuh sama sekali, apalagi usianya masih bayi. Nyesek pastinya, temanku nangis berminggu-minggu -minggu ketika tau diagnosis anaknya. Sekarang anaknya berusia 5 tahun, masih menggunakan pampers, masih ada kendala makan, makannya masih bubur dan sesuatu yang dihaluskan serta hanya bisa berbaring saja.

Persamaan Cerebral Palsy dan Mikrosefali

Cerebral Palsy (CP) dan mikrosefali sama-sama mempengaruhi system saraf. Cerebral palsy sudah pasti mikrosefali, mikrosefali belum tentu cerebral palsy atau bisa disimpulkan anak dengan mikrosefali berat yang didiagnosid cerebral palsy.

Baik cerebral palsy maupun mikrosefali sama-sama mempengaruhi kualitas hidup, penderita, keluarganya dan membutuhkan perawatan serta dukungan jangka panjang.

Sama-sama sering bermasalah dengan pencernaan, berat badan  dan tinggi badannya yang sedikit, kecil, menurun atau bisa dikatakan dibawah batas normal.

Dua-duanya baik mikrosefali maupun cerebral palsy ada kencendrungan epilepsi (kejang tanpa demam) 

Perbedaan Cerebral Palsy dan Mikrosefali

Cerebral Palsy, gejala utamanya masalah motorik seperti kekakuan otot, kesulitan koordinasi, gerakan yang tidak terkontrol. Dan biasanya seseorang dengan CP juga mengalami  gangguan kesehatan lain, seperti gangguan penglihatan, pendengaran, perkembangan, masalah komunikasi.

Mikrosefali, ukuran kepala yang kecil menyebabkan kemampuannya terhambat, terlambat. Seperti anakku usianya 7 tahun tapi daya pikir, kemampuan anak lima tahun  (global development delayed). Dokter bilang nutrisi untuk tubuhnya saja tidak cukup sehingga  dia tidak mampu mengejar ketinggalan agar setara dengan kemampuan anak seumurnya

Anak dengan cerebral palsy tidak bisa sembuh total walaupun sudah diterapi dan minum obat, namun anak dengan mikrosefali dapat diperkecil perbedaannya dengan diterapi dan minum obat (ini kesimpulanku pribadi yaaa berdasarkan pengamatan)

 

6 comments:

  1. I have read several excellent stuff here. Keep on writing great, thanks

    ReplyDelete
  2. Wow, superb blog layout! Magnificent, let alone the content Fantastic

    ReplyDelete
  3. Magnificent put up, very informative blog. You must continue to do this.

    ReplyDelete
  4. Very great post. I just stumbled upon this blog and its excellent point.

    ReplyDelete
  5. I truly loved browsing this blog posts. Wonderful site you have here! Thanks

    ReplyDelete
  6. Efficiently written information.. Keep up the good work. Continue this

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Cerebral Palsy Mikrosefali

 Sebuah pesan dari sesama orangtua yang memiliki anak dengan mikrosefali muncul di whatssaapku.  Setelah mengucap salam dia bertanya. Mbak, ...