Friday 8 March 2024

Boh Rom-rom Makanan Khas Aceh Yang Anti Gagal

 

BOH ROM-ROM
Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto


Boh rom-rom adalah salah satu makanan khas Aceh yang sangat mudah dibuat dan bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan dan murah.

Makanan ini enak disajikan ketika hangat, sebagai cemilan saat berkumpul dengan keluarga maupun saat ada acara kenduri atau hajatan.

Saat berbuka puasa, seringkali boh rom-rom ini hadir  sebagai  menu berbuka, karena rasanya manis, lembut dan kenyal dimulut dan ukurannya yang pas di mulut.

Boh rom-rom juga dikenal dengan nama kue boh mencrot nama ini disematkan dikarenakan ketika kue ini dimakan gula merah isian kue ini sering mencrot kemana-mana.

Jika dilihat dari bentuk dan rasanya boh rom-rom sama dengan klepon kue dari sunda atau Jawa. Oke deh langsung aja

Bahan-bahan  yang diperlukan untuk membuat 15 porsi boh rom-rom, durasi 60 menit

100 gram tepung beras ketan, 20 gram air panas, 20 gram air dingin, 100 gram gula merah (diiris), 2 lembar daun pandan, 75 gram kelapa parut (yang muda jadi lembut kelapanya) 9 kukus bersama sedikit garam)

Air secukupnya untuk merebus boh rom rom

Cara Membuat:

Rebus air bersama daun pandan, siapkan tepung beras ketan, lalu campurkan dengan 20 gram air panas, remas-remas tepung dan air panasnya, kemudian tambahkan air dingin, uleni/aduk sampai bisa dibulatkan (jangan terlalu lembek, biarkan keras agar mudah dibentuk) beri pewarna makanan hijau, aduk kembali sampai tercampur rata.

Bulatkan adonan kemudian isi dengan irisan gula merah, rebus dalam air mendidih, lakukan hingga adonan habis, setelah adonan mengapung angkat dan tiriskan, lalu gulingkan kuenya pada kelapa yang telah dikukus  sampai semuanya berbalut kelapa dan sajikan.

Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Boh rom-rom

Walau terkesan mudah ternyata ada beberapa kesalahan yang membuat boh rom-rom gagal diantaranya:

Adonan yang terlalu lembek sehingga membuat kue susah dibentuk. Cuci tangan  ini  bisa diakali dengan menambahkan tepung lagi.

Terlalu menekan adonan saat menguleni juga kurang baik, membuat kue kurang lembut setelah direbus.

Kurang gula dan kelapa. Kunci kelezatan boh rom-rom ada pada adonan yang lembut, gula  dan kelapa yang cukup, adonan lembut tapi gula tak terasa membuat kue jadinya seperti memakan cenil.

gula merah


Gula Merah Yang sesuai. Ada banyak jenis gula merah, untuk adonan boh rom-rom sebaiknya menggunakan gula merah yang padat seperti gula jawa. Gula jawa cenderung tidak  cepat lumer ketika adonan direbus, apalagi jika ternyata adonan kue yang sudah dibentuk mengalami kebocoran.

Pewarna makanan. Beberapa orang menggunakan daun pandan sebagai pewarna alami boh rom-rom tapi jika dalam porsi besar hanya menggunakan   daun pandan murni akan sangat merepotkan, karena tetap warna hijau alami daun pandan (hijau pucat) tidak semenarik pewarna makana (pasta pandan, hijau cerah).

boh rom-rom
Cemilan Boh rom-rom juga cocok merupakan  usaha yang menjanjikan, ada banyak warung kopi yang tersebar di Aceh, ada banyak cemilan yang di perlukan untuk disajikan atau bisa juga  cemilan boh rom-rom diberi kemasan dan dititipkan di warung-warung kue yang ada.

Melestarikan makanan khas tradisional, secara tidak langsung juga berarti mengenalkan budaya serta keragaman yang dimiliki oleh negara kita pada generasi selanjutnya.

Jangan sampai anak cucu kita tidak tahu makanan khas daerahnya sendiri, atau malah sampai makanan khas negara kita sampai diklaim merupakan makanan khas negara lain.

Oleh karenanya penting banget, anak-anak sesekali disajikan makanan tradisional apalagi  jika bahannya mudah didapat, mudah dibuat, dan harganya relatif murah  bisa sesering mungkin dibuat agar anak cinta masakan daerahnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

ASUS ROG Phone 8 Gaming Phones Premium

    Dulu , ada empat kriteria utama yang aku terapkan jika memilih smartphone. Jepretan hasil   kameranya harus bagus, baterainya tahan l...