Saturday, 12 April 2014

Paket "Wisata plus-plus" di Banda Aceh


Mungkin ada  yang belum tahu kalau  ternyata Banda Aceh sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat segala  kegiatan ekonomi, politik, sosial, budaya dan pariwisata ternyata mempunyai "paket wisata plus-plus" lho, kok bisa, Nggak percaya? 
Kamu pasti akan menuduhku kurang ajar, masa  ibukota Provinsi Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekkah dan menerapkan syariah Islam punya paket wisata begituan. Makanya, datang dong ke kotaku, buktikan dan rasakan sendiri paket"wisata plus-plus" di Banda Aceh.
Sekali dayuh dua tiga pulau terlewati. Mungkin peribahasa itu sangat tepat untuk menggambarkan "Wisata plus-plus di Banda Aceh". Eits, jangan negatif thingking dulu.  Kenapa aku  sebut " wisata plus-plus" karena berwisata ke banda Aceh seolah anda dimanjakan dengan paket lengkap wisata yang sarat khazanah budaya.
Dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata tsunami, wisata religi, wisata bahari, wisata kuliner dan wisata belanja. "Plus-plus banget kan." Nggak salah kalau Banda Aceh menjadi tempat yang wajib untuk kamu kunjungi karena pesona alam, budaya dan religinya sangat kental sekali terasa.
Berkunjung ke Banda Aceh akan menjadi pengalaman berharga karena banyak hal yang dapat dipelajari dari sejarah, budaya dan tak ketinggalan kulinernya yang bikin lidah berdansa. Biar kamu nggak penasaran Berikut ini adalah beberapa tempat  yang wajib kamu kamu kunjungi  di Banda Aceh.

Mesjid Raya Baiturrahman
Mesjid ini merupakan salah satu mesjid yang terindah di Indonesia. Terletak di pusat kota Banda Aceh Dengan luasnya mencapai 4.760 m dapat menampung hingga 9000 jama'ah. Memiliki tujuh buah kubah, empat menara dan satu menara induk serta ruangan dalamnya yang dilapisi lantai marmer, buatan Italia. Membuat sejuk dan betah berlama-lama ketika berada di dalam Mesjid.


Mesjid Raya Baiturrahman di kala malam hari
Sumber foto : Koleksi pribadi

Pinto Khop Putroe Phang
Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Pinto Khop berbentuk kubah ini merupakan pintu penghubung antara istana dan Taman Putroe Phang. Disini biasanya Putri Phang beristirahat setelah lelah berenang, letaknya tidak terlalu jauh dari gunongan

Pinto Khop Putroe Phang
Sumber foto: Koleksi pribadi

Kerkhof Peutjoet
Kerkhop merupakan kuburan tentara Belanda  yang  meninggal dalam pertempuran dengan masyarakat  Aceh. Kerkhof sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya kuburan, sedangkan Peutjoet berasal dari kata Pocut (putra kesayangan) Sultan Iskandar Muda yang dihukum oleh ayahnya sendiri, karena  melakukan kesalahan fatal dan dimakamkan di tengah-tengah kuburan ini.
Kerkhof, kuburan untuk tentara Belanda dan warga sipil
 yang meninggal dalam perang Aceh
Sumber foto: Koleksi pribadi
Pada relief dinding gerbang makam tertulis nama-nama serdadu yang Belanda yang meninggal dalam pertempuran dengan masyarakat Aceh (Setiap relief ada 30 nama). Sekitar 2200 tentara Belanda termasuk 4 jenderalnya sejak tahun1883 hingga 1940 an dikuburkan di sini.Diantara para serdadu Belanda tersebut ada beberapa nama prajurit Marsose yang berasal dari Jawa ditandai dengan identitas IF (inlander fuselier) di belakang namanya, prajurit dari Ambon dengan tanda AMB, prajurit dari Manado dengan tanda MND, dan serdadu Belanda dengan tanda EF/f.
Pintu gerbang Kerkhof. Pada relief dindingnya tertulis nama-nama
serdadu Belanda  yang tewas dalam pertempuran di Aceh
Sumber foto: Koleksi pribadi


Museum Tsunami
Dibangun di pusat Kota Banda Aceh kira-kira 1 km dari Mesjid Raya Baiturahman. Adapun fungsi Museum Tsunami Aceh ini adalah sebagai objek sejarah sekaligus menjadi pusat penelitian dan pembelajaran tentang bencana tsunami. 


Monumen Pesawat RI-1 
Pesawat Seulawah yang dikenal RI-1 dan RI-2 merupakan bukti nyata dukungan yang diberikan masyarakat Aceh dalam proses perjalanan Republik Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya. Pesawat Seulawah merupakan cikal bakal Maskapai Garuda indonesia Airways disumbangkan melalui pengumpulan harta pribadi masyarakat dan saudagar  aceh sehingga seluruh Wilayah Republik Indonesia dapat direbut kembali.




Kapal di  atas Rumah
Kapal Tsunami Lampulo
Sumber  Foto: koleksi pribadi


Sebuah kapal nelayan yang tersangkut di atas sebuah rumah  penduduk di daerah Lampulo. Kapal kayu dengan panjang 25 meter dan lebar 5,5 meter ini telah menyelamatkan nyawa 59 orang dari terjangan tsunami karena kapal ini. Situs ini tetap dipertahankan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh untuk mengenang Musibah Tsunami yang melanda  Kota Banda Aceh pada 26 Desember 2004.


PLTD Apung
Kapal  dengan berat 2600 ton ini terdampar  4 km dari pesisir pantai  di tengah pemukiman penduduk memberikan gambaran bertapa dashyatnya  Tsunami tersebut Dengan luas ± 2 Ha

PLTD Apung, Punge Banda Aceh
Sumber Foto: Koleksi pribadi
Hutan Kota BNI Banda Aceh
Terletak di desa Tibang, Kec. Syiah Kuala di dekat lokasi wisata Alue Naga.Hutan  kota ini dibangun atas kerja sama Pemko Banda Aceh, BNI, Yayasan Bustanussalatin serta masyarakat Tibang sendiri. Lahan rawa ini disulap menjadi Hutan dengan berbagai macam tumbuhan. Terdapat 150 jenis pepohonan  yanga ada di Hutan ini  dengan jumlah total 3500 pohon termasuk tanaman buah dan tanaman langka.
Fasilitas di Hutan kota ini meliputi jalur pejalan kaki, jembatan tajuk pohon (Ramp Canopy  Trail), jembatan atas bakau (Mangrove Boardwalk), area pepohonan, kolam bakau dan pembibitan ikan, taman tematik dan taman kontemplasi.


Jembatan masuk menuju hutan kota
Sumber foto:Koleksi pribadi

Wisata Bahari
Pantai-pantai di BandaAceh tak kalah bagusnya dengan pantai lain yang ada di luar negeri atau pantai di Bali seperti pantai Pantai Ulee Lheue, Pantai Kampung Jawa dan Pantai Alue Naga. Pantai-pantai ini sangat asyik untuk dijadikan lokasi memancing, atau sekedar menikmati sunset.
Pantai Kampung Jawa
Nelayan menarik pukat di Kampung Jawa
Sumber foto: Koleksi pribadi
Selain bisa bermain dengan ombak, memancing dan menikmati sunset kita bisa menikmati aktivitas para nelayan yang sedang menarik pukat setiap sore hari.di Kampung Jawa
Bermain dengan ombak di pantai Kampung Jawa
Sumber foto:Koleksi Pribadi
Orang Aceh sangat sopan dan santun. Pakaian renang, seperti budaya orang barat dianggap tidak pantas. Pakailah celana pendek ketika berenang, untuk kaum wanita memakai baju kaos lebih baik.
Pantai Alue Naga sangat pas untuk menikmati sunset sambil memancing
Sumber foto: Koleksi pribadi
Sunset di Ulee Lheue
Sumber foto: Koleksi pribadi

Dan masih banyak lagi obyek wisata menarik yang bisa dikunjungin di Banda Aceh, seperti Gunongan, Kuburan massal Ulee Lheue, Makam Sultan Iskandar Muda, Makam Kandang, Blang Padang, Museum Aceh, Pendopo dan masih banyak lagi. Penasarankan...so, tunggu apalagi ayo ke Banda Aceh.

28 comments:

  1. Huhuhu.. Jd kangen banda aceh nih kak.insyaallah kl aku pulang kampung kita kopdar yuk ;)

    ReplyDelete
  2. Wuah banyak yah wisata plus-plusnya di aceh
    btw, pantainya gak sekalian dijelasin mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mbak Rizka ini saya sedang pamerin paket wisata Aceh secara global, ntar insyah allah saya bahas khusus wisata bahari di aceh

      Delete
  3. belum pernah ke aceh...ddari reportase di atas, aceh mjd lbh menarik :)

    ReplyDelete
  4. Jadi nambah pengen ke Aceh...pantainya cantiiiik :) *cewekpantai, hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. dekat lagi pantainya dari pusat kota yuk ke aceh

      Delete
  5. menarik ne tulisannya :D jangan lupa mampir juga ke http://101jamalullail.blogspot.com/2014/04/rasakan-sensasi-kuliner-kota-banda-aceh.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sayed dah mampir. ok segera ke tkp

      Delete
  6. wisss...
    kalo pergi ajak ajak ya ?

    nih jangan lupa dikoment :)http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk maari kita pergi ke Aceh Reza. ok segera ke tkp

      Delete
  7. Rab salah seumike gara-gara ++... =D◦°◦нå◦нä◦нã◦нä◦нâ◦°◦=D. Silahkan kunjung balik ke http://bangzar.blogspot.com atau http://inspirasibangzabar.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha...3x teurimong kasih, dah mampir diblogku

      Delete
  8. jadi makin cinta sama banda aceh-ku :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harus Azhar Ilyas, makasih dah singgah di blogku

      Delete
  9. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    ReplyDelete
  10. kaget baca judulnya. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah singgah di blogku aku dah singgah ke blogmu tapi susah banget masukin comment karena harus ngetik huruf membuktikan aku bukan robot aku sampai empat kali coba ketik huruf itu salah melulu

      Delete
  11. Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dah berkunjung ke blogmu Sqone ijal tapi nggak bisa masukin coment karena harus ngetik huruf membuktikan aku bukan robot aku sudah mencoba mengurai itu huruf apa aja tapi salah melulu

      Delete
  12. mantap, mampir juga kemari ya: http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya. sip segera ke tkp

      Delete
  13. sangat menarik dan informatif :)

    mampir ke sini yuk

    muksalmuksalmine.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    ReplyDelete
  15. kapal apung target utama, udah lama tinggal ke aceh cuma lewat2 doang, belum merasakan bagaimana berada di atasnya, hehe

    ReplyDelete
  16. Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang destinasi wisata indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal